Minggu, 10 Juni 2012

Strategp pemasaran ritel

STRATEGI RITEl menekankan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan Strategi ritel meliputi penentuan target pasar,sifat barang dan jasa yang ditawarkan, dan bagaimana ritel memperoleh keuntungan jangka panjang dari pesaingnya. Bagian kebutuhan strategi dalam strategi ritel antara lain strategi pasar,strategi keuangan,strategi lokasi,struktur organisasi dan sumber daya manusia. Aspek pemasaran dalam ritel meliputi: 1. Definisi strategi pemasaran ritel 2. Pemahaman terhadap target pasar bila dikaitkan dengan pilihan terhadap format ritel 3. Bagaimana ritel dapat membangun strategi keunggulan bersaing yang berkelanjutan 4. Tahapan dalam mengembangkan strategi pemasaran ritel Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Ritel meliputi: 1. Alas an mengaapa manajemen SDM mempuyai peranan penting membentuk sebuah bisnis atau organisasi ritel 2. Bagaimana ritel membuat keuntungan yang kompetitif dan mendukung dengan cara mengembangkan dan mengelola SDM 3. Bagaimana ritel mengkoordinasi aktiviits paara karyawab dan memotivasi mereka mencapai tujuan 4. Program-program manajemen SDM untuk membangun komitmen kerja’bagaiman dan mengapa ritel mengatur perbedaaan antar karyawan Aspek keuangan dalam ritel meliputi: 1. Bagaimana strategi ritel direfleksikan dalam tujuan keuangan 2. Bagaimana ritel menggunakan alat-alat dan metode untuk mengevaluasi kinerjanya 3.Bagaimana model strategis keuntungan dapat digunakan Aspek pemilihan lokasi dalam area perdagangan ritel meliputi: 1.Tipe lokasi yang memungkinkan oleh ritel 2.Mengevaluasi keungggulan relative dari setiap perdagangan yang dipilih 3.Tipe lokasi perdagangan yang memungkinkan untuk tumbuh 4.Jenis lokasi yang ada 5.Alas an mengapa suatu ritel tetap berlokasi disuatu tempat tertentu meskipun ada ritel lain berlokasi ditempat berbeda 4.Keuntungan relative yang didapat dari sebuah tipe lokasi 5.Tipe lokasi yang cocok bagi ritel 6.Tipe lokasi yang kurang diminati 7.Factor-faktor yang perlu dipertimbanglkan oleh peritel dalam memilih loksi Aspek Sistem Informasi dan manajemen meliputi: 1.Keunggulan strategis yang diperoleh melalui manajemen rantai pemasok 2.Bagaimana barang dagangan dan informasi mengalir dari vendor ke ritel ke pelanggan dan kembali 3.Perkembangan informasi dan tekhnologi yang bisa memudahkan komunikasi antara vendor dengan retail 4.System pengiriman respons cepat Manajemen Hubungan pelangggan ( Customer Relationship Mangement) meliputi 1.Pengertian manajemen hubungan pelanggan 2.Peran Customer Relationship Management sebagai strategi membangun kesetiaan pelanggan 3.Implementsi program Customer Relationship Management dalam bisnis ritel. Sumber: wartawarga.gunadarma.ac.id