Jumat, 12 November 2010

Inovasi Pengusaha

Penentuan Potensi Kewirausahaan

Karakteristik wirausahawan sukses dengan n Ach tinggi akan memberikan pedoman bagi analisa diri sendiri

1. Kemampuan inovatif inovasi memerlukan pencarian kesempatan baru. Hal tersebut berarti perbaikan barang dan jasa yang ada, menciptakan barang dan jasa baru, atau mengkombinasikan unsure-unsur produksi yang ada dengan cara baru dan lebih baik.
2. Toleransi terhadap kemenduaan ( ambiguity ) Kemampuan untuk berhubungan dengan hal yang tidak terstruktur dan tidak bisa diprediksi. Karakteristik ini berkaitan erat dengan proses inovatif. Inovasi berasal dari kreatifitas yang ada, bergantung pada kemampuan seseorang, dan secara total terserap dalam proses. Orang-orang yang kreatif mempunyai kemampuan untuk membangun struktur dari situasi yang tidak berbentuk.
3. Keinginan untuk berprestasi Keinginan untuk berprestasi adalah tanda-tanda penting dari dorongan kewirausahaan. Hal ini menandai para pemiliknya sebagai orang yang tidak mengenal menyerah didalam mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan sendiri.
4. Kemampuan perencanaan realistis Menetapkan tujuan yang menantang dan bisa diterapkan adalah tanda dari perncanaan relistis.
5. Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan Wirausahawan membutuhkan aktivitas yang mempunyai tujuan.
6. Obyektivitas Wirausahawan obyektif didalam mengarahkan pemikiran dan aktivitas kewirausahaannya dengan cara pragmatis.
7. Tanggung jawab pribadi Wirausahawan memikul tanggung jawab pribadi, mereka menetapkan tujuan sendiri dan memutuskan bagaimana mencapai tujuan tersebut dengan kemampuan mereka sendiri.
8. Kemampuan beradaptasi Para wirausahawan mampu beradaptasi menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.
9. Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator Wirausahawan mempunyai kemampuan mengorganisasi dan admnistrasi didalam mengindetifikasi dan mengelompokkan orang-orang berbakat untuk mencapai tujuan. Kekuatan mereka sebagai administrator terletak pada kemampuan mereka melihat kedepan dan mengantisipasi kemungkinan masa depan.


Poses inovasi bisa diuraikan sebagai berikut:
o Wirausahawan melihat adanya kebutuhan
o Mengumpulkan data dan mendefinisikan konsep-konsep
o Menguraikan masalah-masalah
o Menggunakan daya ingat untuk mencapai kesamaan-kesamaan
o Menemukan kesamaan dan gagasan yang berhubungan
o Melihat bagaimana menggabungkan kesamaan dan gagasan yang berhubungan
o Mencari pemecahan sementara
o Meneliti pemecahan dengan hati-hati
o Bergerak terus jika kesemuanya baik
o Mencapai keberhasilan


DEFINISI MOTIVASI

Motivasi didefinisikan sebagai keadaan dalam diri individu yang menyebabkan mereka berperilaku dengan cara yang menjamin tercapainya suatu tujuan. Motivasi menerangkan mengapa orang-orang berperilaku seprti mereka lakukan. Semakin wirausahawan mengerti perilaku anggota organisasi, semakin mampu mereka mempengaruhi perilaku tersebut dan membuatnya lebih konsisten dengan pencapaian tujuan organisasi. Karena produktivitas dalam semua organisasi adalah hasil dari perilaku anggota organisasi, mempengaruhi perilaku ini adalah kunci bagi wirausahawan untuk meningkatkan produktivitas.









SUMBER WACANA :

Kewirausahawan
Oleh : MASYKUR WIRATMO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar